Workshop Social Media Strategy, 29 Maret 2014 – Kuningan City

workshop sosmed

Workshop Social Media Strategy yang diisi oleh Ainun Chomsun (ainunch@yahoo.com). Dalam waktu yang singkat, sekitar 2 jam materi yang diberikan cukup untuk membantu mengembangkan social Media XSProject kedepannya.

Berikut beberapa point yang saya dapatkan dari workshop tersebut:

#  Tujuan Campaign

–   Target Audience

–   Social Media Platform

–   Content Management

–   Measurement

–  Target Audience

–   Tentukan target audience

–   Visualkan target audience

– Baca, stalking, dan pahami cara target audience terserbut berkomunikasi (apa kesukaannya dan apa yang tidak disuka)

–   Jam-jam target audience sibuk di online

–  Social Media Platform

–   Pilih Social media platform yang sesuai dengan tujuan dan target audience

–   Pelajari masing-masing platform, pilih yang sesuai dengan tujuan campaign

–   Integrasikan semua platform dalam satu Narasi, baik secara design visual maupun copy write Insight

–   Riset on line tentang brand tersebut

–   Interview orang yang sesuai target audience

–   Pooling bertanya di twitter

–   Mengamati perilaku target audience di online

–   FGD

The Story

–    Bangun narasi berdasarkan Insight yang kita temukan dan tujuan yang ingin dicapai

–    Susun Narasi besar

–    Narasi harus spesifik, jangan terlalu lebar issue nya

–    Breakdown Narasi menjadi beberapa tema

 

–   Content Management

–   Breakdown narasi menjadi beberapa tema, pecah tema-tema tersebut menjadi tema bulanan, mingguan, dan harian untuk content

–    Susun content sesuai tema, baik secara visual, text, video, dan lain-lain

–    Susun content plan secara harian

–   Dynamis content diperlukan untuk menanggapi hal-hal khusus secara langsung atau mengikuti issue yang berkembang saat ini.

Awareness                                  Engagement                                             Call to Action

Ads                                                 Activation                                                     Sales

Influencer                                     Gamification                                                Social activity

Buzzer                                           Service/ Maintenance content                 Attending event

Education                                      Promotion                                                   Joint community

Experian

Optimize

–    Buzzer, orang-orang yang sesuai dengan target audience

–    Influence/KOL (Key Opinion Leader), orang-orang yang mempunyai pengaruh di online dan biasanya mempunyai follower yang banyak

–    Advertising (Ads), seperti FB ads, Google ads, dan lain-lain

–    Measurement

Bila bisnis/kegiatan kecil dan dijalankan sendiri cukup dengan fasilitas social media yang gratisan, yang diperlukan adalah content yang berkesinambungan.Untuk monitoring aktivitas di online, bias menggunakan alat monitor gratisan, walaupun data yang dihasilkan sangat sederhana.

Jika perusahaan/lembaga besar maka data yang dihasilkan cukup besar, sehingga perlu orang khusus yang melakukan monitoring dan analisis. Data hasil monitoring diolah dan dianalisis sehingga menghasilkan laporan yang bias dipertanggungjawabkan dan mudah dipahami oleh orang awam. Laporan itu bias juga digunakan untuk menyusun strategi berkampanye di social media secara tepat.

Crisis Komunikasi

–    Salah account

–    Salah

–    Kesalahan Brand

–    Follower Kecewa

–    Issue Negatif

–    Kasus Hukum

Management Krisis

–    Small : Tim Admin

–    Medium : Tim Admin + Strategic

–    Hard : Tim Khusus

How to Handle Crisis

–    Tenang

–    Responsif bukan reaktif

–  Pahami luas”krisis”nya, apakah ada KOL terlibat/tidak, acc media/jurnalis ada yang terlibat/tidak, dan menjadi berita dimedia online/tidak

–    Susun jawaban secara offline terlebih dulu

–    Susun tim yang akan merespon

–    Think before Posting

Kami juga mendapatkan cukup ilmu di workshop tersebut, salah satunya melalui study kasus Akademi Berbagi dan Toilet Hygienist (Domestos). Semoga kami bisa membangun social media yang lebih baik untuk XSProject kedepannya.

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s